Tempat Wisata Curug Yang Ada Di Bogor Jawa Barat

1. Curug Nangka

Lokasi Curug nangka ga jauh dari Curug Luhur ( huh kami ditipu orang yang di curug luhur dia bilang 8km lagi untuk ke curug nangka, ternyataaa ga begitu jauhh.. tinggal lurus-lurus aja sambil terus perhatiin papan tulisan curug nangka di sebelah kanan) pukul 01.00 pm tiba juga di tempat yang dituju. Tiket masuk tergolong murah Rp 2.500/person dan untuk motor Rp 12.500 (mahal karena dapet asuransi dari perhutani) benar kata yang di blog smua orang pasti akan terlewat curug nangka, karna kami pun termasuk yang salah menebak curug. Ternyata disini terdapat 3 curug, Curug nangka terletak dibawah lembah lokasinya tertutup dan tersembunyi, curug daun curug yang kecil dan terakhir curug kawung, banyak batu-batu yang musti dilewati, dengan kondisi tanah licin. Beruntung buat kami karna datang saat bulan puasa, situasi curug kawung sepii dan berasa seperti kolam permandian pribadi

Keterangan tambahan :

Dari stasiun Bogor bisa naik angkot ke BTM, lalu naik angkot biru jurusan cihapus bilang ajah turun di curug nangka bayar 5.000.

2. Curug Cilember

Wana Wisata Curug Cilember merupakan panorama bukit dgn hamparan pinus merkusi dimana terdpt sumber mata air dan air terjun. Lokasinya tak jauh dari Jakarta; berada disebelah kiri jalan jalur Ciawi – Puncak, tepatnya di Cisarua ± 15 Km dari pintu tol Gadog (Jagorawi). Berada di kawasan hutan lindung Bogor – Puncak – Cianjur (Bopunjur) di ketinggian ± 800 mdpl.
Untuk mencapai Curug Cilember dari pinggir jalan raya Ciawi-Puncak, tidak terlihat ada plang jalan yg cukup jelas, jadi harus rajin bertanya ke stan ojek dimulut jalan. Jalan masuknya cukup sempit, melewati perumahan yg cukup rapat, berbelok2. Kalau anda membawa kendaraan yg cukup besar, seolah2 kita hampir menabrak atap rumah orang.  Anda juga tak perlu membawa perlengkapan apa2, krn tenda dan alat2 masak pun bisa disewa. Keamanan yg biasanya selalu dikhawatirkan utk sebuah camping keluarga, tak perlu ada, krn lokasi camping ground dijaga 24 jam oleh hansip dari penduduk kampung sekitar yg memahami arti pentingnya keamanan kenyamanan anda disitu.

Curug Cilember
Tujuan utama ke Curug Cilember adalah mengunjungi tujuh Curug yg bertingkat2. Umumnya wisatawan keluarga menikmati curug ke tujuh; sebuah curug terdekat, yg hanya beberapa ratus meter dari pintu gerbang. Sedangkan wisatawan minat khusus (petualangan) bisa terus menuju ke enam curug lainnya diatas. Cilember, Bogor, West Java

3. Curug Luhur

Kurang lebih 1 – 2km ke arah Timur dari Curug Nangka terdapat satu buah air terjun yang cukup terkenal di wilayah Kab. Bogor dengan nama Curug Luhur. Lokasi Curug Luhur ini terletak persis disamping jalan raya kawasan Bogor – Gunung Salak Endah, sehingga untuk bertandang kelokasi ini, bisa menggunakan angkutan umum dan mungkin hal ini pulalah yang menyebabkan Curug Luhur cenderung ramai dikunjungi wisatawan.

Perjalanan dari areal parkir menuju lokasi curug sangatlah mudah dan telah dibuatkan dalam bentuk undakan semen yang menurun hingga ke lokasi. Praktis banyak wisatawan dalam berbagai usia mendatangi curug ini, mengingat tidak diperlukan stamina yang cukup besar untuk mencapai lokasi wisata. Berbagai bangunan nampaknya sedang dibangun guna mendukung sarana dan prasarana, suatu hal yang menunjukkan tingkat kepedulian yang cukup tinggi dalam upaya pengembangan curug ini. Namun nampaknya areal perkemahan tidak tersedia disini, mengingat area terbuka dan datar yang ada sepertinya kurang cukup luas.


Mendekati lokasi utama Curug Luhur terdapat sederet limpahan air yang mengalir secara deras pada dinding tanah dengan ketinggian kurang lebih 2 meter. Limpahan air ini mirip air terjun mini yang bisa digunakan pengunjung untuk membasuh tangan atau kaki sambil menikmati kesegaran air khas pegunungan. Air terjun mini tersebut ditampung pada sebuah parit kecil yang akhirnya akan menyatu dengan limpahan air Curug Luhur pada sungai yang ada di bagian tengah bawah area.

Curug Luhur, seperti halnya Curug Nangka memiliki dua buah air terjun utama, bedanya bila di Curug Nangka letaknya terpisah, sedangkan di Curug Luhur letaknya sejajar. Air yang melimpah di Curug Luhur ini pun cukup deras, meskipun musim kemarau belum berakhir saat penulis mengunjungi lokasi wisata ini. Konon, sebenarnya cuman ada satu air terjun di kawasan ini, namun penduduk setempat membuat cabang baru pada aliran sungai dan membelokkannya sehingga tercipta air terjun baru. Dikarenakan letak air terjun yang baru itu sedikit lebih tinggi, maka air yang mengalirpun tidaklah sederas air terjun utama, namun demikian telah mampu memberikan panorama tambahan yang menarik pada objek wisata ini.


Bila ingin menimati curug namun enggan diterpa sinar matahari, disekitar curug juga terdapat tempat-tempat berteduh . Umumnya tempat-tempat semacam ini didominasi oleh pasangan muda-mudi yang sedang dilanda asmara untuk berbagai cerita dan janji 

Terkadang tak jarang pula para pengunjung menceburkan diri ke kolam yang cukup besar yang terletak dibawah curug tersebut untuk sekedar berendam membasahi tubuh atau berenang-renang kecil antar tepian kolam. Dilokasi ini banyak terdapat kolam buatan yang airnya sengaja dibuat melimpah ruah, sehingga bunyi derasnya aliran air yang mengalir dan akhirnya menyatu kesebuah sungai sangatlah dominan mewarnai objek wisata Curug Luhur.

 

 

4. Curug Seribu

Curug Seribu memiliki ketinggian air yang mencapai 100 meter dengan curahan air yang besar. Sumber air curug berasal dari Gunung Salak dan mengalir mengikuti arah Sungai Cikuluwung.  Selama menuju ke curug ini akan ditemui tiga air terjun tambahan berada di sisi kanan jalan dengan masing-masing berketinggian antara 5 hingga 10 meter namun dengan debit air yang kecil dan berada di balik rimbunnya daun pepohonan. 

Curug Seribu ini berada di ketinggian antara 750-1.050 meter dari permukaan laut (dpl) dan termasuk dalam Kawasan Wisata Gunung Salak Endah (GSE) di kaki Gunung Salak di bawah naaungan TNGHS (Taman Nasional Gunung Halimun Salak).  Selain Curug Seribu masih ada 3 curug lagi di kawasan ini yaitu Curug Cihurang, Curug Ngumpet, dan CurugCigamea.  Semua curug tersebut terletak dekat dengan jalan raya sehingga mudah dijangkau.

5. Curug Cigamea

Curug Cigamea terdiri dari dua air terjun utama dengan karakter berbeda. Air terjun pertama lebih dekat dengan jalan masuk, dengan tebing curam menyerupai dinding dan didominasi bebatuan hitam.  Kolam limpahan air yang berada dibawahnya tidak terlalu dalam dan luas sehingga tidak bisa digunakan untuk berenang.

Sementara air terjun kedua berjarak sekitar 30 meter dari air terjun pertama dan berada di celah tebing.   Air terjun kedua ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter dengan aliran air yang turun semakin lebar membelah tebing bebatuan yang berwarna hitam kecoklatan serta tumpahan air yang cukup deras dibandingkan air terjun yang pertama.  Kolam limpahan air yang ada di bawah air terjun kedua ini cukup luas dengan warna air yang biru kehijau-hijauan di bagian tengah kolam menandakan bagian tersebut cukup dalam, sehingga bisa digunakan untuk berenang.

Sepintas bila dilihat dari bawah, sumber air yang berada di atas air terjun kedua ini berada sedikit di bawah air terjun pertama, padahal sebenarnya tidak. Dari hasil pengamatan mulai dari masuk lokasi ini, terlihat jelas bahwa air terjun kedua ini memiliki ketinggian yang lebih tinggi dari air trjun pertama, namun karena tertutup oleh rimbunnya pepeohonan dan adanya bagian tanah yang sedikit menjorok ke muka, praktis bagian atasnya tidak bisa dilihat saat berada di lokasi

Curug ini berada di Kawasan Wisata Gunung Salak Endah (GSE) di kaki Gunung Salak di bawah naungan TNGHS (Taman Nasional Gunung Halimun Salak).  Di kawasan ini terdapat juga tiga curug lain, yaitu CurugSeribu, Curug Ngumpet dan Curug Cihurang.

6. Curug Ngumpet

Curug Ngumpet memiliki ketinggian lebih kurang 45 meter, dengan panorama alam yang indah dan asri. Curug Ngumpet ini lebih tinggi daripada Curug Cihurang dan kolam airnya pun lebih dalam dengan batu-batu sungai yang besar-besar. Sayangnya, kebersihan curug ini kurang terawat, berbeda dengan Curug Cihurang yang memang bersih dan rapi.

Curug ini termasuk dalam 
Kawasan Wisata Gunung Salak Endah (GSE) di kaki Gunung Salak di bawah naungan TNGHS (Taman Nasional Gunung Halimun Salak).  Selain Curug Ngumpet masih ada 3 curug lagi di kawasan ini yaitu Curug Cihurang, Curug Seribu, dan Curug Cigamea.

7. Curug Cihurang

Curug Cihurang memiliki dua jalur (tumpahan) air terjun yang ketinggian airnya masing-masing tidak terlalu tinggi, tapi cukup bersih dan terawat. Kolam air di bawah curug pun tidak terlalu dalam, sehingga pengunjung bisa berfoto tepat di depan dinding curug. 

Curug ini berada di ketinggian sekitar 890 m dari permukaan laut (dpl) dan termasuk dalam Kawasan Wisata Gunung Salak Endah (GSE) di kaki Gunung Salak di bawah naungan TNGHS (Taman Nasional Gunung Halimun Salak).  Selain Curug Cihurang masih ada 3 curug lagi di kawasan ini yaitu Curug Seribu, Curug Ngumpet, dan Curug Cigamea.

8. Curug Ciherang

Untuk menuju lokasi Curug Ciherang, waktu yang ditempuh dari Jalan Raya Mayor Oking-Jaya Atmaja, Citeureup, sekitar 2,5 jam. Sementara, dari wilayah Jonggol masuk Jalan Desa Sukajaya-Jonggol hingga lokasi curug, sekitar satu jam. Soal akses jalan, dari wilayah Citeureup maupun Jonggol, cukup baik. Meski terdapat sedikit lubang di badan jalan.

Ketika sampai di Kampung Pinus, Desa Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur, terdapat plang sederhana terbuat dari kayu bertuliskan “Curug Ciherang”. Nah, di sanalah terdapat jalan berbatu. Untuk bisa sampai ke Curug Ciherang dari plang petunjuk itu, tiap wisatawan harus melewati jalan desa sepanjang (+/-) 1,5 meter.Ketika sampai di depan pintu masuk Curug Ciherang, yang termasuk dalam kawasan hutan lindung Kecamatan Sukamakmur, terdapat plang sederhana terbuat dari kayu bertuliskan “Curug Ciherang”. Nah, di sanalah terdapat jalan berbatu sepanjang 300 meter dari pintu masuk. Untuk bisa sampai ke lokasi air terjun Curug Ciherang, para wisatawan harus melewati jalan desa kira-kira selebar 1,5 meter. Cukup dengan Rp.5000,-/motor saja, pengunjung bisa langsung masuk dan menikmati keindahan air terjun Curug Ciherang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s